Kurikulum Sekolah Alam Purwakarta
Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
(Tujuan Pendidikan Nasional – Pasal 3 UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003.)
Tujuan khusus pembelajaran di Sekolah Alam Purwakarta adalah membentuk generasi yang memiliki:
1. Aqidah yang lurus (Good Faith)
2. Ibadah yang benar (Right Devotion)
3. Akhlaq yang kokoh (Strong Character)
4. Kemandirian finansial (Independent)
5. Berwawasan luas (Broadminded)
6. Fisik yang sehat dan kuat (Physical Power)
7. Sungguh-sungguh melawan hawa nafsu (Continence)
8. Teratur dalam urusan (Well Organized)
9. Pandai menjaga waktu (Good Time Management)
10. Bermanfaatan bagi orang lain (Giving Contribution)
Kurikulum
Kurikulum dan sistem pendidikan sekolah alam dibangun agar dapat menghasilkan siswa yang beriman, berakhlak, berilmu, dan terampil dalam mencari rizki yang halal.
Secara garis besar pendidikan sekolah alam mengacu pada fungsi manusia sebagai khalifatullah fil ardh (pemimpin dunia).
Sekolah alam menggunakan kurikulum terintegrasi yang mengacu pada tahapan perkembangan anak sesuai fitrah. Kurikulum tersebut mencakup keseluruhan materi di susun dalam mata pelajaran yang dikelompokkan sebagai berikut :
a. Pilar iman, terdiri atas mata pelajaran : Aqidah, akhlak, ibadah, dan siroh
b. Pilar ilmu terdiri atas mata pelajaran: PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBdP, Bahasa Sunda, Bahasa Inggris, dan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
c. Pilar kepemimpinan terdiri atas mata pelajaran: outbond, farming, life skills (cooking, aqua play, home visit, keputraan dan keputrian)
d. Pilar kewirausahaan dalam bentuk business day (market day dan magang)