Inspirasi Qurban: Si kecil yang sudah bisa berqurban sendiri

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

Bismillahirrahmanirrahim,

Helal bin Achmad, kelas 5 SD SAP. Seperti anak-anak lainnya, Helal senang bermain dan juga jajan. Namun, tak disangka.. Helal tahun ini membawa hewan Qurban nya sendiri! Halal yang baru berusia 10 tahun itu sudah bisa berqurban dengan uang nya sendiri! Maasya Allah..

“Pahala itu tidak hanya buat yang berqurban, tapi juga buat seluruh keluarga”, ucap Helal pada sesi bincang inspiratif beberapa hari yang lalu. Dalam bincang singkat bersama Bu Atin, si kecil yang sudah bisa berqurban ini memaparkan kisahnya.

Helal menabung sebagian besar uang sakunya untuk berqurban. Ia telah menabung sejak di kelas 2 SD. Ketika jumlah tabungan sudah cukup besar, Helal bersama orangtua nya membeli seekor domba betina. Domba tersebut di pelihara di dekat pabrik tempat paman nya bekerja. “Ada orang khusus yang bertugas memberi makan domba nya, itu juga harus kita kasih gaji/bayaran”, paparnya dengan ringan.

Minggu berganti bulan, sang domba yang akan di Qurban kan melahirkan anak. Namun hidupnya tak lama. Satu anak beserta ibunya mati. Helal dan keluarga nya merasa sedih sekali. “Mama doain lal, semoga domba yang ini ngga mati biar kamu tetap bisa Qurban..”, bunda Helal menguatkan putranya. Lalu Helal pun mengikuti teladan sang bunda. Helal berdoa, terutama selepas sholat fardhu.

Alhamdulillah, doa Helal dikabulkan Allah. Tahun ini Helal dapat berqurban sendiri.

“Mungkin Papah Mamah punya kesalahan, aku ingin berbakti dgn caraku, buat membantu Mamah dan Papah..”, Helal sempurna membuat kami semua terharu dan juga malu. Sekecil itu sudah bisa berqurban, dengan niatan bakti pada ayah bunda nya.. maasya Allah..

Semoga Allah menjaga kebersihan dan kedalaman imanmu, nak..

Barokallah ayah Achmad dan Bunda Laila.. semoga ananda menjadi anak sholeh yg meringankan jalan berkumpul di syurga nanti.. aamiin yaa rabbal’alamin

Lihat selengkapnya video ‘Si Kecil yang Sudah Bisa Berqurban’ di channel Youtube Sekolah Alam Purwakarta 🤗 jangan lupa like dan subscribe terimakasih…

Sekolahalampurwakarta

Close Menu