Penguatan Sejarah dan Nilai-nilai IKROM Sekolah Alam Purwakarta

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

Bismillahirrahmanirrahim

Penguatan Sejarah dan Nilai-nilai IKROM


🎀: Agus Gusnul Yaqin

Islam mengajarkan mengenai pentingnya awal dan akhir dari setiap hal. Sebut saja sholat, betapa Takbir dan Salam di atur sedemikian rupa hingga tidak sah jika tak dilaksanakan, bahkan tak bisa di ganti dengan sujud sahwi.
Mengamalkan hal tersebut, dalam dunia pendidikan terutama sekolah, raker (Rapat Kerja) adalah awal dan akhir dalam setiap tahun ajaran. Teman-teman SDM semua, baik fasil maupun support, sangat penting untuk mengikuti dan berkontribusi dalam RAKER ini. Inilah awal mula perjuangan kita di SA.

Bicara soal SA, kita akan memahami bahwa SA memiliki ciri khas yakni selalu memelihara spirit untuk terus bergerak . Ketika pandemi kita bisa terus bergerak dengan Green Therapy, pertanian dan juga fundraising.

Jika dihitung seperti cara santri Gontor, saat ini usia SAP adalah 0,07 abad. Kenapa santri Gontor menghitungnya dengan cara menggunakan abad? Tidak lain itu semua untuk terbentuknya impian bahwa usia perjuangan ini dapat berusia panjang. Buatlah mimpi, visi yang panjang dan bertahan lama, agar kebermanfaatannya panjang

“berbuat baik itu bagus, tapi menumbuhkan inisiatif kebaikan yang berkelanjutan, jauh lebih bagus” – Agus Gusnul Yaqin

Mengutip dari perkataan Ust. Didin, “Buatlah amal-amal strategis, yang kebaikan nya bukan hanya sekali, tapi berkelanjutan dan memiliki dampak yang besar”

🌱 Penguatan Akar dan Nilai

❔ 1. Start with WHY? ❓

Dalam menjalani sebuah amanah, sebuah impian, mulailah dengan pertanyaan WHY?
Kenapa harus mendirikan sekolah? Kenapa harus sekolah alam? Kenapa bekerja disini?
Lalu pahamilah bahwa Until your mission is an obsession, nothing will change in your life (Robin Sharma) . Jika hanya obsesi saja tidak akan memberikan dampak. Fokuslah pada MISI, bukan hanya sekedar OBSESI.

SA, adalah misi. TK, SD, SM, kober, daycare, ZISWAF, FR, dll adalah produknya. Jaga hati kita untuk setia pada MISI, bukan hanya sekedar pada produk. Mengapa? Karena produk dapat menghilang, sedangkan misi akan terus kita lanjutkan. Jika ada produk yang dinilai tak lagi sesuai dengan value misi, maka tak masalah jika dihilangkan. Namun jika misi yang bermasalah, produk sebaik apapun juga akan kehilangan nilainya.

🧬 2. DNA, Pahami Akar, Temukan DNA 🧬

DNA sekolah = MISI + VISI + Nilai

Karena DNA kita berbeda, maka kesuksesan kita tidak bisa diukur dengan cara yang sama. Seperti membandingkan ukuran dengan orang lain. Membandingkan orangtua siswa A dan B, siswa C dan D, sekolah E dan F, pasangan G dan H, itu tidak adil, tidak akan sama.

πŸ“– 3. BUILD THE CULTURE πŸ“–

Organisasi hebat membangun budaya disiplin dalam dua hal; menjaga nilai inti dan menstimulasi perubahan – Jim Collins

ITERATION ➑️ INNOVATION ➑️ DISRUPTION

Iteration >> Membuat hal yang sama menjadi lebih baik
Innovation >> Membuat hal-hal baru yang lebih baik
Disruption >> Membuat banyak hal baru, sehingga yang lama menjadi ketinggalan jaman, kuno & tak terpakai, atau bahkan merusak tatanan yang ada.

Contoh Disruption adalah Ojol. Dalam hal pendidikan, sebutlah ruang guru atau bimbingan online yg merngganggu tatanan bimbel konvensional. Di masa kini, tatanan sekolah mulai terancam pula. Untuk apa bersekolah jika bayaran tinggi namun yg mengerjakannya tetap orangtua?

Pada titik ini kita perlu terus yakin, dan sekali lagi kita harus terus bergerak. Bahwa SA bukan pengganti pendidikan di rumah, bukan sekedar bimbingan untuk belajar akademik. SA adalah mitra pendidikan keluarga.

Maka buatlah iterasi, inovasi bernilai kebermanfaatan yang dapat kita gunakan di masa pandemi ini, tak hanya sekedar PJJ.

🎺 4. Play the Orchestra 🎺

Perhatikan besi dan magnet. Mereka adalah dua hal yang berunsur sama, namun memiliki efek yang berbeda. Jadilah magnet. dengan menyatukan pikiran, perkataan, dan perbuatan, lalu mainkanlah orkestra nya dengan indah.

Bukan hanya tentang pohonnya, tapi juga tentang di hutan mana dia tumbuh. Jadilah hutan terbaik untuk tepat bertumbuhnya generasi pemulia dan pemakmur bumi.

Semangat raker, teman-teman πŸ€—
Semoga kita bisa terus mencetuskan ide ide dan bergerak mewujudkan kebaikan yang berusia panjang…

πŸ“: AN, Divisi Humas SAP

Close Menu