Tazkiyatun Nafs Ta’lim SDM Sekolah Alam Purwakarta

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah wa syukurillah, rekan-rekan SDM SAP telah mengikuti kegiatan Ta’lim dengan tema Tazkiyatun Nafs. Lokasi kegiatan kali ini di area 3. Rekan-rekan SDM menikmati sajian pemandangan alam dan juga siraman sinar matahari pagi. Hari ini tak hanya ruh yang diisi, tapi juga jasmani dengan bantuan alam yang asri.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Tim Pilar Akhlak HRD. Memasukki putaran bulan ke tiga tahun ajaran 2020-2021 dengan sistem Adaptasi Kebiasaan baru, HRD memberikan perhatian untuk menjaga stabilitas niat yang lurus maupun hati yang bersih. Persoalan mendidik tentu memerlukan hati yang bersih, tenang dan fokus, bukan? ๐Ÿ™‚

Seperti hal nya air yang pasang surut, iman pun demikian adanya. Melalui ta’lim yang diadakan, sekolah berharap SDM dapat menjaga iman di hatinya agar tetap berat dengan kebaikan. Sejalan dengan tema ta’lim hari ini, Tazkiyatun Nafs, membersihkan diri tak hanya yang terlihat oleh mata saja, tapi juga kebersihan hati.

dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Rasรปlullรขh Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:
ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุฅููŠู…ูŽุงู†ูŽ ู„ูŽูŠูŽุฎู’ู„ูŽู‚ู ูููŠ ุฌูŽูˆู’ูู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฎู’ู„ูŽู‚ู ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจู ุงู„ู’ุฎูŽู„ูู‚ูุŒ ููŽุงุณู’ุฃูŽู„ููˆุง ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูุฌูŽุฏู‘ูุฏูŽ ุงู„ู’ุฅููŠู…ูŽุงู†ูŽ ูููŠ ู‚ูู„ููˆุจููƒูู…ู’ Sesungguhnya iman di dalam hati bisa (menjadi) usang (lapuk) sebagaimana pakaian yang bisa usang, maka mohonlah kepada Allรขh Azza wa Jalla untuk memperbaharui  iman yang ada di dalam hatimu.

Oleh karenanya, pembahasan tentang Tazkiyatun Nafs memang harus terus diulang-ulang, dikaji dan disampaikan dalam kajian-kajian dan tulisan dalam rangka saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran, sebab terkadang seseorang tidak mengetahui bahwa dirinya terjangkit penyakit hati.

Adapun orang-orang yang dapat mengetahui bahwa ia terjangkit penyakit hati adalah para ulama. Merekalah tabib-tabib (dokter-dokter) hati. Semoga rekan-rekan SDM yang Allah sayangi dapat mendiagnosis penyakit-penyakit hati yang barangkali diderita selama ini. Semoga rekan-rekan SDM juga dapat menyembuhkan diri apabila benar terpapar penyakit hati.

Tak hanya tubuh yang perlu siraman sinar matahari untuk sehat, hati pun butuh siraman kalamullah untuk tetap sehat..

Divisi Humas SAP

Close Menu